Wednesday, February 8, 2017

Resep Masakan Tumis Udang Jamur



breaktime.co.id 
Olahan dari seafood memang selalu berhasil menggugah selera, Salah satu bahan yang bisa Anda nikmati adalah udang. Hmm, mudah diolah dengan rasa yang lezat, udang memang menjadi sajian kesukaan banyak orang.

Menu-menu seperti koktail udang, udang bakar, udang panggang dengan aneka bumbu yang menggiurkan maupun tumisan udang yang tampak sederhana, tapi kalau di campur dengan jamur pasti rasanya akan sangat menggugah.

Nah, dari semua kebaikan yang ditawarkan oleh udang, yuk, sajikan olahan tradisional untuk keluarga di rumah, dengan resep Tumis Udang Jamur berikut ini.

Bahan-bahan Tumis Udang Jamur:
4 siung bawang putih, iris tipis
60 ml + 2 sendok makan minyak zaitun murni
14 gram jamur shiitake, buang batang dan iris bagian topi jamur
56 gram udang ukuran jumbo, buang kulit dan belah bagian punggung, namun jangan sampai terpotong
Garam, secukupnya
Lada bubuk, secukupnya
60 ml air
2 batang daun seledri, cincang kasar
2 sendok makan mentega tawar
Nasi putih atau nasi kuning, secukupnya


Cara membuat:
1. Panaskan wajan besar berisi minyak zaitun di atas api sedang. Setelah minyak cukup panas, masukkan pawing putih dan masak hingga permukaan bawang putih mulai kecoklatan dan mengeluarkan aroma wangi, atau masak selama kurang lebih 1 menit. Setelah itu, dengan menggunakan saringan, pindahkan bawang putih yang telah matang tersebut ke piring. Dan sisihkan.
2. Sementara itu, masukkan jamur yang telah dipotong ke dalam wajan dan masak menggunakan api besar sambil sesekali diaduk. Masak jamur hingga berubah kecoklatan atau masaklah selama kurang lebih 7 menit.
3. Sebelum menambahkan udang ke dalam wajan, bumbui udang dengan garam dan merica secukupnya. Baru masukkan udang yang telah dibumbui tersebut ke dalam wajan. Masaklah di atas api besar hingga hampir matang atau selama kurang lebih 7 hingga 8 menit. Jangan lupa untuk sesekali mengaduknya, ya, B’timers.
4. Tuangkan air dan masak hingga air mulai menguap.
5. Masukkan daun ketumbar yang sebelumnya telah dicincang kasar. Tambahkan mentega tawar ke dalam wajan tersebut dan aduk hingga merata.
6. Pindahkan Tumis Udang Jamur ke dalam piring saji dan hiasi dengan taburan bawang putih yang telah digoreng sebelumnya.
7. Anda dapat menyajikan Tumis Udang Jamur hangat bersama dengan nasi putih ataupun nasi kuning hangat, B’timers.
Selamat mencoba.

0 komentar:

Post a Comment